Selamat datang di Blog saya, semoga bermanfaat :D


Selasa, 09 Oktober 2012

Klasifikasi dalam Statistika

Statistik Deskriptif merupakan metode-metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian suatu gugus data sehingga memberikan informasi yang berguna. Maksudnya: dimana statistik deskriptif ini mempunyai tujuan untuk menggambarkaan/mendeskripsikan suatu objek yg akan diteliti tanpa menarik sebuah kesimpulan dari proses penelitian tersebut. contohnya: dari populasi seluruh mahasiswa STIS, saya mengambil sampel semua mahasiswa/i STIS kelas 2i untuk mengetahui rata-rata pengeluaran tiap bulan.Misalnya saya ingin mengetahui rata-rata pengeluaran bulan September dan oktober. Jadi saya sebagai peneliti menanyakan satu-persatu secara langsung kepada responden(mahasiswa/i kelas 2i)mengenai jumlah pengeluaran tiap harinya pada bulan september dan oktober. Dari hasil data yang saya peroleh,saya menyajikan datanya dalam bentuk tabel 1 arah, dan dari data tersebut saya bisa menentukan/menghitung rata-rata pengeluaran dari mahasiswa/i kelas 2i.
#intinya Statistik Deskriptif tidak menarik kesimpulan/melakukan sebuah peramalan.(hipotesis)
#Statistik deskriptif dapat dideskripsikan dalam populasi dan sampel


Statistik Inferensia : setelah kita mendeskripsikan data yang telah kita peroleh, kita ingin melakukan pengujian hipotesis atau meramalkan suatu keadaan yang berkaitan dengan data yg telah kita peroleh tersebut. berkaitan dengan contoh diatas(contoh statistik deskriptif) saya ingin mencoba untuk meramalkan rata-rata pengeluaran pada bulan tertentu. contohnya: setelah saya mengetahui rata-rata pengeluaran di bulan september dan oktober, saya ingin mengetahui besarnya jumlah rata-rata pengeluaran pada bulan november tanpa mengetahui pengeluaran tiap harinya pada bulan tersebut. Jadi dari data bulan-bulan sebelumnya(bulan september dan oktober) kita bisa menggunakan analisis untuk meramalkan rata-rata pengeluaran pada bulan november.
#intinya statistik inferensia mempunyai tujuan untuk penarikan kesimpulan. Sebelum menarik kesimpulan dilakukan suatu dugaan yang dapat diperoleh dari Statistik Deskriptif.
#Statistik Inferensia hanya dapat dideskripsikan pada sampel saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar